Rabu, 26 Juni 2013

tugas " Manajemen ritel "

Nama : Bunga Nur Aisyah
Kelas : 3DD01
NPM : 31210489

Bab 13 " Bauran komunikasi dalam bisnis ritel " 


  • Mengembangkan program promosi melalui bauran komunikasi  yang sukses adalah salah satu elemen penting dalam manajemen ritel. 
  •    Program bauran komunikasi harus dirancang tidak hanya untuk menaikan penjualan tapi juga memperhatikan loyalitas. 
  •    Program bauran komunikasi juga diorientasikan untuk menciptakan dan memelihara suatu citra yg berbeda antara ritel dengan merek toko, sehingga posisi loyalitas konsumen dapat dikembangkan dan dipertahankan untuk menciptakan keunggulan.
 Bauran Ritel :



  1. Produk, (merupakan keluasan dan kedalaman serta keragaman produk (meliputi kualitas, style, dan fashion)
  2. Harga,
  3. Lokasi (site dan lokasi perdagangan)
  4. Personalia (pelayanan pelanggan dan penjualan pribadi)
  5. Promosi (Periklanan, publisitas, dan hub.masyarakat)

Mengembangkan keunggulan bersaing

 Keunggulan bersaing menurut Porter (1986) adalah kemampuan suatu perusahaan untuk meraih keuntungan ekonomis di atas laba yang mampu diraih oleh pesaing di pasar dalam industri yang sama.
 

Mengembangkan merek

Merek adalah suatu nama atau simbol pembeda, seperti logo, yg mengidentifikasi produk yg ditawarkan oleh penjual dan membedakan produk dgn penawar yg lain.


Menggunakan komunikasi untuk mengembangkan merek

  1. Nilai yg ditawarkan oleh citra merek kepada ritel (ekuitas merek).
  2. Menciptakan suatu kesadaran merek yg tinggi (mengenali merek)
  3. Mengembangkan asosiasi yg menyenangkan nama merek (misal Q-bis utk barang kebutuhan kantor)
  4. Memperkuat citra merek secara konsisten (menyampaikan pesan yg konsisten)
  5. Memperluas nama merek

Bagaimana Strategi Komunikasi Dalam Mengembangkan Merek Dan Membangun Kesetiaan Pelanggan

A. Nilai yg ditawarkan melalui citra merek

Merek memberikan nilai kepada pelanggan dan sekaligus kepada peritel. Nilai yg ditawarkan oleh citra merek kepada ritel disebut merek ekuitas (brand equity)

Bagaimana membangun brand equity :


  • Menciptakan suatu kesadaran merek yg tinggi (kemampuan pelanggan utk mengingat nama merek)
  •  Mengembangkan asosiasi yg menyenangkan dengan nama merek (Asosiasi terhadap kategori barang, harga, mutu)
  •  Memperkuat citra merek (melalui program komunikasi dengan ritel dan unsur bauran komunikasi lain)

 
 

 






 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar