Nama : Bunga Nur Aisyah
Kelas : 3DD01
NPM : 31210489
"BAB 9 " MANAJEMEN TOKO SWALAYAN
Manajemen Minimarket dan Swalayan
Usaha minimarket dan swalayan
termasuk usaha yang tumbuh dengan cepat di Indonesia. Usaha ini
merupakan salah satu peluang usaha yang sangat potensial untuk
dikembangkan. Perlunya pengetahuan yang cukup mengenai manajemen sebuah
usaha minimarket adalah hal yang wajib bagi yang akan mendirikan sebuah
minimarket ataupun bagi pengusaha yang saat ini sudah mempunyai toko
dan akan mengupgradenya menjadi minimarket.
Berikut akan kami uraikan
persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum membuka usaha minimarket dan
swalayan serta cara-cara pengelolaannya. Akan dibahas secara terperinci
satu persatu sehingga akan mempermudah bagi yang masih awam sekalipun.
Sebelum mendirikan usaha minimarket
perlu adanya analisa kelayakan usaha. Analisa kelayakan usaha terdiri
dari 10 point penting. Untuk mengetahui lebih detailnya bisa dilihat di www.manajemenminimarketswalayan.com
Definisi Pasar Swalayan
Supermarket atau pasar swalayan
adalah sebuah toko
yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Kata yang secara harfiah
yang diambil dari bahasa Inggris
ini artinya adalah pasar yang besar. Barang
barang yang dijual di supermarket biasanya adalah barang barang
kebutuhan sehari hari. Seperti bahan makanan, minuman, dan barang
kebutuhan seperti tissue dan lain sebagainya.
Perbedaan istilah minimarket, supermarket dan hypermarket adalah di format, ukuran dan fasilitas yang diberikan. Contohnya
- minimarket berukuran kecil (100m2 s/d 999m2)
- supermarket berukuran sedang (1.000m2 s/d 4.999m2)
- hypermarket berukuran besar (5.000m2 ke atas)
- grosir berukuran besar (5.000m2 ke atas)
Pasar Swalayan atau toko serba ada dibagi dalam jenis:
Sebuah minimarket jam bukanya juga lain dari sebuah supermarket, minimarket circle K jam bukanya hingga 24 jam.
Minimarket yang ada di Indonesia adalah Alfamart, Indomaret, Ceriamart, Starmart, Circle K, dan lain-lain.
Jenis Pasar Swalayan
Selain supermarket dikenal pula minimarket, midimarket, dan hypermarket.Perbedaan istilah minimarket, supermarket dan hypermarket adalah di format, ukuran dan fasilitas yang diberikan. Contohnya
- minimarket berukuran kecil (100m2 s/d 999m2)
- supermarket berukuran sedang (1.000m2 s/d 4.999m2)
- hypermarket berukuran besar (5.000m2 ke atas)
- grosir berukuran besar (5.000m2 ke atas)
Pasar Swalayan atau toko serba ada dibagi dalam jenis:
Minimarket
Sebuah minimarket sebenarnya adalah semacam “toko kelontong” atau yang menjual segala macam barang dan makanan, namun tidak selengkap dan sebesar sebuah supermarket. Berbeda dengan toko kelontong, minimarket menerapkan sistem swalayan, dimana pembeli mengambil sendiri barang yang ia butuhkan dari rak-rak dagangan dan membayarnya dikasir. Sistim ini juga membantu agar pembeli tidak berhutang.Sebuah minimarket jam bukanya juga lain dari sebuah supermarket, minimarket circle K jam bukanya hingga 24 jam.
Minimarket yang ada di Indonesia adalah Alfamart, Indomaret, Ceriamart, Starmart, Circle K, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar