TUGAS MANAJEMEN RITEL
Nama : Bunga Nur Aisyah
Kelas : 3dd01
NPM : 31210489
BAB 4 ( KLASIFIKASI BISNIS RITEL )
Bisnis Ritel secara umum bisa
diklasifikasikan menjadi dua kelopok besar yaitu perdagangan eceran
besar dan perdagangan eceran kecil. Perdagangan eceran kecil terdiri
atas eceran kecil yang berpangkal an dan pedagang eceran kecil tidak
berpangkalan. Klasifikasi bisnis ritel tersebut bisa dilihat pada gambar
berikut :
Gambar : Klasifikasi Bisnis Ritel
Peritel yang berhasil adalah yang
bisa menyesuaikan barang dan jasanya dengan permintaan. Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam perdagangan eceran adalah :
- Tersedianya barang yang tepat
- Pada saat yang tepat
- Di tempat yang tepat
- Dalam kuantitas yang tepat
- Dengan harga yang tepat
- Penjualan dengan cara yang tepat
- Dalam kualitas yang tepat
Selain ketujuh hal tersebut, pengecer
juga harus mempertimbangkan kecenderungan-kecenderungan berikut :
menurunnya pertumbuhan ekonomi dan penduduk, kenaikan biaya modal,
tenaga kerja dan energi, perubahan gaya hidup konsumen, pola berbelanja
dan sikap dalam berbelanja, munculnya teknologi baru seperti mesin kasir
komuter, bertambahnya kekuatan besar, serta banyaknya regulasi yang
dikeluarkan oleh pemerintah yang mempengaruhi pedagang eceran.
Perubahan-perubahan tersebut menuntuk adanya manajemen yang lebih
professional dalam penjualan eceran. Karena itu, manajemen puncak harus
trampil dalam merancang dan melaksanakan sistem untuk mendapatkan laba.
Untuk itu, harus dilakukan penelitian agar didapatkan produktivitas yang
lebih tinggi yang akan membantu perkembangan bentuk-bentuk penjualan
eceran dengan biaya yang rendah. Banyak inovasi yang harus dilakukan
untuk menekan biaya operasi yang semakin tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar