Nama : Bunga Nur Aisyah
Kelas : 3DD01
NPM : 31210489
SEJARAH PERIKLANAN
4000sm
Mesir
menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster.pesan
Komersial dan menampilkan kampanye politik telah ditemukan di reruntuhan
Pompeii dan kuno Saudi . Hilang dan menemukan iklan di papirus yang umum di
Yunani Kuno dan Romawi Kuno .Lukisan dinding atau batu untuk iklan komersial
merupakan manifestasi lain dari bentuk iklan kuno, yang hadir untuk hari ini di
banyak bagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.Tradisi lukisan dinding dapat
ditelusuri kembali ke India seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000
SM. Sejarah memberitahu kita bahwa Out-rumah iklan- dan billboard merupakan
bentuk tertua iklan.
Sebagai kota dan kota-kota Abad
Pertengahan mulai tumbuh, dan masyarakat umum tidak dapat membaca, tanda-tanda
bahwa hari ini akan berkata tukang sepatu, miller, penjahit atau pandai besi
akan menggunakan gambar yang berhubungan dengan perdagangan mereka seperti
boot, jas, topi, jam, berlian, sepatu kuda, lilin atau bahkan tas
tepung.Buah-buahan dan sayuran yang dijual di alun-alun kota dari belakang
gerobak dan wagon dan pemilik mereka digunakan penelepon jalanan ( criers kota
) untuk mengumumkan keberadaan mereka untuk kenyamanan pelanggan.
Abad
ke 17
Pendidikan menjadi kebutuhan yang
sangat penting terutama dalam membaca, serta pencetakan, lalu iklan semakin dikembangkan dan diperluas untuk mencakup
selebaran.Pada abad ke-17 iklan mulai muncul di koran mingguan di Inggris.
Iklan cetak awal ini digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat
kabar, yang menjadi semakin terjangkau dengan kemajuan di percetakan , dan
obat-obatan, yang semakin dicari sebagai penyakit rusak Eropa Namun, karena
adnya iklan palsu dan apa yang disebut dukun
, iklan menjadi masalah, yang diantar dalam regulasi konten iklan.
Sebagai perekonomian diperluas
selama abad 19, periklanan tumbuh bersama.Di Amerika Serikat, keberhasilan ini
format iklan akhirnya mengarah pada pertumbuhan periklanan mail-order.
Abad
18
koran
Prancis La Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya,
yang memungkinkan untuk menurunkan harga,
memperluas pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan formula itu
segera ditiru oleh semua judul. Sekitar tahun 1840, Volney B. Palmer membentuk
akar biro iklan modern di Philadelphia. Pada tahun 1842 jumlah besar Palmer
membeli ruang di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali
ruang di tingkat yang lebih tinggi kepada pengiklanIklan]] aktual-salinan, tata
letak, dan karya seni-adalah terhenti disiapkan oleh perusahaan yang ingin
beriklan, yang berlaku, Palmer adalah seorang broker ruang.Keadaan berubah di
akhir abad 19 ketika badan iklan NW Ayer & Son didirikan. Ayer dan Anak
ditawarkan untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan kampanye iklan lengkap
untuk pelanggannya.Pada tahun 1900 biro iklan telah menjadi titik fokus
perencanaan kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi. Sekitar waktu yang
sama, di Perancis, Charles-Louis Havas memperpanjang jasa kantor berita itu,
untuk memasukkan iklan broker, sehingga kelompok Prancis pertama yang mengatur.
Pada awalnya, lembaga yang broker untuk ruang iklan di koran.
NW Ayer & Son adalah lembaga layanan penuh pertama yang bertanggung jawab
atas isi iklan.1895 iklan untuk sebuah produk berat badan.
Pada pergantian abad ini, ada
beberapa pilihan karir bagi perempuan dalam bisnis, namun, iklan adalah salah
satu dari sedikit. Karena perempuan bertanggung jawab untuk sebagian besar
pembelian kebutuhan rumah tangga mereka masing - masing, pengiklan dan lembaga
yang diakui nilai's wawasan perempuan
iklan terus semakin berkembang,
terutama dari segi kreatifitas .Bahkan, periklanan Amerika pertama yang menggunakan
menjual seksual diciptakan oleh seorang wanita - untuk produk sabun. Meskipun
jinak oleh standar-standar hari ini, iklan ini menampilkan pasangan dengan
pesan "Kulit kamu mencintai menyentuh".
Awal
1920-an
Pada awal 1920-an, stasiun radio pertama
didirikan oleh produsen peralatan radio dan pengecer yang menawarkan program dalam
rangka untuk menjual radio lebih kepada konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak
organisasi nirlaba mengikuti dalam mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan
termasuk:, klub dan kemasyarakatan. Kelompok sekolah Ketika praktek mensponsori
program dipopulerkan, masing-masing program radio individu biasanya disponsori
oleh pembisnis tunggal dalam pertukaran
untuk menyebutkan nama singkat bisnis mereka di bagian awal dan akhir yang
menunjukkan disponsori olehnya.Namun, pemilik stasiun radio segera menyadari
bahwa mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan menjual hak sponsor
dalam alokasi waktu kecil untuk beberapa bisnis di seluruh siaran stasiun radio
mereka, daripada menjual hak sponsor untuk bisnis tunggal per show.
Praktek ini dilakukan ke televisi di
akhir 1940-an dan awal 1950-an. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka
yang mencari untuk mengkomersilkan radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa
spektrum radio harus dianggap sebagai bagian dari
commons - untuk digunakan hanya non-komersial dan untuk kebaikan masyarakat.Kerajaan Serikat mengejar model pendanaan publik untuk BBC,
awalnya sebuah perusahaan swasta, British Broadcasting Company , tetapi
dimasukkan sebagai badan publik oleh Royal Charter pada tahun 1927. Di Kanada, para pendukung seperti Graham Spry yang juga dapat
membujuk pemerintah federal untuk mengadopsi model pendanaan publik,
menciptakan Canadian Broadcasting Corporation. Namun, di Amerika Serikat, model
kapitalis menang dengan petikan dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 yang
menciptakan Komisi Komunikasi Federal . Namun, Kongres AS memang membutuhkan
lembaga penyiaran komersial untuk beroperasi pada kepentingan umum kenyamanan,
dan kebutuhan . penyiaran Publik
sekarang ada di Amerika Serikat karena tahun 1967 Undang-Undang Penyiaran
Publik yang mengarah pada Public Broadcasting Service dan National Public Radio
.Awal
1950
Pada awal tahun 1950, DuMont
Television Network mulai meluncurkan program modern yang menjual iklan dalam
hitungan waktu kepada beberapa sponsor. Sebelumnya, DuMont telah kesulitan
mencari sponsor bagi banyak tentang program dan dikompensasi dengan menjual
blok kecil waktu iklan untuk beberapa bisnis. Hal ini akhirnya menjadi standar
untuk industri televisi komersial di Amerika Serikat.Namun, itu masih praktek
umum untuk memiliki menunjukkan sponsor tunggal, seperti Amerika Serikat Steel
Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilaksanakan kontrol yang besar atas isi dari
pertunjukan-sampai dengan dan termasuk memiliki agency periklanan seseorang
benar-benar menulis pertunjukan
Akhir 1980-an dan awal 1990-an melihat
pengenalan televisi kabel dan khususnya MTV . Merintis konsep video musik , MTV
diantar dalam jenis baru iklan: tunes konsumen dalam untuk pesan iklan,
daripada ia menjadi oleh-produk atau ketinggalan jaman. Sebagai kabel dan
televisi satelit menjadi semakin umum,
saluran khusus muncul, termasuk
saluran seluruhnya dikhususkan untuk iklan , seperti QVC , Home Shopping
Network , dan ShopTV Kanada.
Pemasaran melalui internet membuka batas baru bagi pengiklan dan memberikan kontribusi
kepada " dot-com boom "tahun 1990-an. Seluruh perusahaan semata-mata
dioperasikan pada pendapatan iklan, yang menawarkan segala sesuatu dari kupon
untuk mengakses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, sejumlah situs
termasuk mesin pencari Google
, memulai perubahan dalam iklan online dengan menekankan kontekstual yang
relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk membantu, daripada
membanjiri, pengguna. Hal ini mengakibatkan sejumlah besar upaya sejenis dan
kecenderungan peningkatan iklan interaktif .
Bagian dari belanja iklan relatif
terhadap PDB telah berubah sedikit di seluruh perubahan besar dalam media .
Sebagai contoh, di Amerika Serikat pada 1925, media iklan utamanya adalah
koran, majalah, tanda-tanda pada trem , dan outdoor poster . Pada tahun 1998,
televisi dan radio sudah menjadi media periklanan besar. Meskipun demikian,
belanja iklan sebagai bagian dari PDB sedikit lebih rendah sekitar 2,4 persen.
Sebuah inovasi iklan terbaru adalah " gerilya marketing ", yang
melibatkan pendekatan yang tidak biasa seperti menggelar pertemuan di tempat
umum, hadiah produk seperti mobil yang ditutupi dengan pesan merek, dan iklan
interaktif dimana penonton dapat merespon menjadi bagian dari pesan iklan .
periklanan gerilya meningkat menjadi lebih populer dengan banyak perusahaan.
Jenis iklan ini tidak terduga dan inovatif, yang menyebabkan konsumen untuk membeli produk
atau ide. Hal ini mencerminkan kecenderungan meningkatnya interaktif dan
"tertanam" iklan, seperti melalui penempatan produk , memiliki suara
konsumen melalui pesan teks , dan berbagai inovasi memanfaatkan layanan
jaringan sosial seperti Facebook .
Definisi
Iklan
Periklanan adalah komunikasi komersial
dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang
ditransmisikam ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti
televisi, radio, koran , majalah, direct mail ( pengeposan langsung ), reklame luar
ruang atau kendaraan umum.
Dalam komunitas global baru,
pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru, khususnya
internet. Individu dan organisasi menggunakan periklanan untuk mempromosikan
barang, jasa, gagasan, isu dan orang. Sebagai contoh, BMW Amerika utara mengonsentrasikan
sebagian besar dari anggaran sebesar $ 80 juta bagi dukungan televisi dalam
pensponsoran Olimpiade Musim Panas 1996 di Atlanta. Industri jasa keuangan,
misalnya American Express, Merrill Lynch, dan New york Cotton Exchange,
membelanjakan sekitar $2 miliar per tahun untuk periklanan.
Iklan opbat-obatan resep dengan target
para konsumen telah menggelembung menjadi sebuah genre iklan baru. Apalagi
setelah FDA mencabut pembatasan iklan TV menyangkut obat-obatan yang diresepkan
pada 1997 belanja iklan tersebut berlipat ganda dari $595,5 juta pada tahun
1996 menjadi mendekati $1 miliar pada tahun tersebut. Menurut survei konsumen
majalah Prevention pada tahun 1998, 81 % orang dewasa Amerika serikat adalah
pemakai jangka panjang obat-obatan yang diresepkan. Iklan obat-obatan resep
pertama di televisi adalah Prozac yang di udarakan 14 September 1998.
KLASIFIKASI
PERIKLANAN :
-
Periklanan Produk. Iklan ini biasanya
masuk dalam kategori konvensional. Berbagai perusahaan biasanya mengiklankan
produknya kepada konsumen. Iklan produk ini semacam upaya untuk memberi tahu
pada konsumen terhadap produk baru. Microsoft misalnya baru-baru ini
meluncurkan Windows Vista. Untuk mengiklankan produk ini, kabarnya Microsoft
mengeluarkan duit hingga milyaran dollar Amerika.
-
Periklanan Eceran. Periklanan ini
bersifat lokal dan berfokus pada toko. Misalnya saja, Anda sering menjumpai
iklan-iklan di Carefour yang menyampaikan produk murah. Iklan eceran berfokus
pada tempat, harga, jam, dan ketersediaan barang.
-
Periklanan Korporasi. Jenis iklan ini
befokus untuk membangun identitas korporasi atau untuk mendapatkan dukungan
(opini) publik terhadap sudut pandang atau perubahan yang dilakukan sebuah
perusahaan. PT Pertamina misalnya melakukan perubahan logo. Untuk itu, Pertamina
melakukan iklan besar-besaran. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan Indosat
dengan merubah logonya. Iklan korporasi biasanya dibuat untuk membangun
karakteristik baru dari sebuah perusahaan.
-
Periklanan Bisnis ke Bisnis. Iklan ini
termasuk jenis iklan baru. Contoh yang sederhana untuk menggambarkan iklan
macam ini adalah sebuah perusahaan ban yang mengiklankan diri pada perusahaan
manufaktur mobil. Jadi, perusahaan ban itu mensponsori ban mobil yang dibuat.
-
Periklanan Politik. Iklan politik ini
muncul di Amerika. Biasanya digunakan dalam event-event politik. Namun,
seringkali iklan politik lebih cenderung pada pembentukan citra ketimbang
berbicara tentang isu-isu yang sedang dihadapi masyarakat. Tetapi bukan tidak
mungkin iklan politik hanya dibuat para politisi. Pemerintah Malaysia dan
Thailand pada tahun 1998 juga membuat iklan politik. Mereka meluncurkan
kampanye periklanan untuk memperbaiki reputasi mereka yang menguap dan
mengembalikan investor yang hilang.
-
Iklan Direktori. Jenis iklan ini biasanya
terdapat dalam direktory yellow pages. Iklan direktori ini unik karena ada
kecenderungan para penggunanya siap membeli produk atau jasa ketika membuka
direktori.
-
Periklanan Respon Langsung. Periklanan
ini melibatkan komunikasi dua arah antara pengiklan dan konsumen. Periklanan
ini menggunakan sembarang media periklanan (pos, televisi, koran atau majalah),
dan konsumen dapat menanggapinya, sering kali lewat pos, telepon atau faks.
Banyak perusahaan memperbolehkan konsumen menanggapinya secara online. Sebagai
contoh, Majalah Time menggunakan iklan televisi untuk periklanan respon
langsung. Iklan tersebut mengajak para pemirsa menelepon satu nomor bebas pulsa
untuk berlangganan majalah atau meminta informasi lebih lanjut. Serupa dengan
itu, perushaan menggunakan kartu-kartu yang disisipkan ke dalam rak-rak
penjualan yang dengan sendirinya merupakan mekanisme tanggapan. Konsumen hanya
perlu mengisinya dan mengeposkan tanpa prangko untuk mendapatkan kiriman ke
rumah.
-
Periklanan Pelayanan Masyarakat. Iklan
ini dirancang beroperasi untuk kepentingan masyarakat dan mempromosikan
kesejahteraan masyarakat. Iklan-iklan ini diciptakan bebas biaya oleh para
profesional periklanan, dengan ruang dan waktu iklan merupakan hibah oleh
media.
-
Periklanan Advokasi. Periklanan ini
berkaitan dengan penyebaran gagasan-gagasan dan klarfisikasi isu sosial yang
kontroversial dan menjadi kepentingan masyarakat. Perusahaan yang menerapkan
strategi periklanan pada masalah sosial seperti konservasi alam semakin
bertambah banyak
EVOLUSI PERIKLANAN
Periklanan
sulit dikatakan sebagai sebuah fenomena baru. Bahkan seratus tahun yang lalu,
periklanan adalah bagian integral, sekalipun terkadang tak disambut hangat,
dari kehidupan sehari-hari. Dan selama betahun-tahun citra periklanan tidak
menunjukkan arah membaik.
Koran
pertama Amerika serikat, Public Occurrences Both Foreign and Domestick, terbit
pada tahun 1690. Pada tahun 1704, Boston Newsletfer adalah koran pertama yang
memuat iklan, yang menawarkan imbalan bagi seseorang pencuri. Dua tukang cetak
awal masa kolonial, James dan benjamin Franklin, mengawali New England Courant
pada tahun 1721. Sekitar masa Revolusi Amerika , terdapat lebih dari tiga puluh
koran di Amerika Serikat. Hari ini, koran Amerika serikat pada umumnya melayani
satu wilayah geografis tertentu, seperti komunitas lokal. USA Today membalikkan
kecenderungan tersebut ketika diluncurkan pada tahun 1982 sebagai koran
nasional berwarna dengan gambar-gambar mencolok dan artikel-artikel ringkas
namun tajam. Setelah USA today merintis jalan, banyak koran menambahkan halaman
berwarna, memungkinkan para pengiklan memamerkan produk-produk mereka lebih
realistik dan menggunakan sebi yang lebih bergaya untuk menangkap perhatian
pembaca.
Pertengahan
tahun 1800-an ditandai dengan permulaa pengembangan industri periklanan di
Amerika Serikat. Sejumlah perkembangan sosial dan teknologi yang diasosiasikan
dengan revolusi industri berlangsung selama periode ini. Telegraf, telepon, dan
mesin ketik memberikan perbaikan-perbaikan dramatik dalam penyampaian pesan
massal. Teknologi percetakan yang lebih baik dan kemampuan untuk mencetak foto
serta ilustrasi-ilustrasi terperinci membuat iklan majalah semakin menarik para
pengiklan. Setelah perang sipil, the Atlantic Monthly dan majalah-majalah
Amerika lain mulai memuat lebih banyak iklan. Perintis agen periklanan, J.
Walter Thompson, mengajak Harper’s Magazine dan lain-lain mencetak iklan
makanan, sabun, dan bahkan obat-obatan paten. Memasukin fajar abad kedua puluh,
periklanan telah menjadi sebuah unit sosial dan ekonomi di Amerika serikat.
Majalah dan koran dipenuhi dengan iklan-iklan segala jenis produk.
Siaran
komersial pertama radio di Amerika Serikat terjadi pada tahun 1922 oleh stasiun
WEAF milik AT&T di New York. Dalam dua tahun, radio meluas dari sebuah
media lokal menjadi nasional, terutama karena jaringan, dengan sekelompok
stasiun yang melakukan siaran secara simultan dibnayak pasar. Pada tahun 1926,
AT&T menjual jaringan stasiun radionya ke National Broadcasting Company (
NBC ). Hari ini, sekitar5000 stasiun radio AM dan 4000 stasiun radio FM
beroperasi di Amerika Serikat, semuanya digunakan oleh para pengiklan lokal,
regional, dan nasional.
Stasiun
komersial pertama didirikan pada tahun 1941. Sebuah sistem antena televisi
komunitas yang bermula di Pennsylvania pada tahun 1948 menjadi pencetus sistem
kabel yang merebak diseluruh negeri selama tahun 1970-an 1980-an. Sekitar tahun
1954, NBC dan CBS merupakan jaringan-jaringan terkemuka, diikuti oleh ABC. Pada
tahun 1972, Home Box Office ( HBO ) mulai beroperasi sebagai stasiun kabel
bayaran. Hari ini, jaringan-jaringan kabel seperti MTV dan CNN, serta
saluran-saluran kabel lokal akses publik tersedia secara luas
Sumber :