Rabu, 28 November 2012

TUGAS PROMOSI DAN PERIKLANAN

Nama : Bunga Nur Aisyah
Kelas  : 3DD01
NPM  : 31210489




SEJARAH PERIKLANAN
4000sm

Mesir menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster.pesan Komersial dan menampilkan kampanye politik telah ditemukan di reruntuhan Pompeii dan kuno Saudi . Hilang dan menemukan iklan di papirus yang umum di Yunani Kuno dan Romawi Kuno .Lukisan dinding atau batu untuk iklan komersial merupakan manifestasi lain dari bentuk iklan kuno, yang hadir untuk hari ini di banyak bagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.Tradisi lukisan dinding dapat ditelusuri kembali ke India seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000 SM. Sejarah memberitahu kita bahwa Out-rumah iklan- dan billboard merupakan bentuk tertua iklan.
Sebagai kota dan kota-kota Abad Pertengahan mulai tumbuh, dan masyarakat umum tidak dapat membaca, tanda-tanda bahwa hari ini akan berkata tukang sepatu, miller, penjahit atau pandai besi akan menggunakan gambar yang berhubungan dengan perdagangan mereka seperti boot, jas, topi, jam, berlian, sepatu kuda, lilin atau bahkan tas tepung.Buah-buahan dan sayuran yang dijual di alun-alun kota dari belakang gerobak dan wagon dan pemilik mereka digunakan penelepon jalanan ( criers kota ) untuk mengumumkan keberadaan mereka untuk kenyamanan pelanggan.
Abad ke 17
Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting terutama dalam membaca, serta pencetakan, lalu iklan semakin dikembangkan dan diperluas untuk mencakup selebaran.Pada abad ke-17 iklan mulai muncul di koran mingguan di Inggris. Iklan cetak awal ini digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat kabar, yang menjadi semakin terjangkau dengan kemajuan di percetakan , dan obat-obatan, yang semakin dicari sebagai penyakit rusak Eropa Namun, karena adnya iklan palsu dan apa yang disebut dukun , iklan menjadi masalah, yang diantar dalam regulasi konten iklan.
Sebagai perekonomian diperluas selama abad 19, periklanan tumbuh bersama.Di Amerika Serikat, keberhasilan ini format iklan akhirnya mengarah pada pertumbuhan periklanan mail-order.


Abad 18
koran Prancis La Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya, yang memungkinkan untuk menurunkan harga, memperluas pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan formula itu segera ditiru oleh semua judul. Sekitar tahun 1840, Volney B. Palmer membentuk akar biro iklan modern di Philadelphia. Pada tahun 1842 jumlah besar Palmer membeli ruang di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali ruang di tingkat yang lebih tinggi kepada pengiklanIklan]] aktual-salinan, tata letak, dan karya seni-adalah terhenti disiapkan oleh perusahaan yang ingin beriklan, yang berlaku, Palmer adalah seorang broker ruang.Keadaan berubah di akhir abad 19 ketika badan iklan NW Ayer & Son didirikan. Ayer dan Anak ditawarkan untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan kampanye iklan lengkap untuk pelanggannya.Pada tahun 1900 biro iklan telah menjadi titik fokus perencanaan kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi. Sekitar waktu yang sama, di Perancis, Charles-Louis Havas memperpanjang jasa kantor berita itu, untuk memasukkan iklan broker, sehingga kelompok Prancis pertama yang mengatur. Pada awalnya, lembaga yang broker untuk ruang iklan di koran. NW Ayer & Son adalah lembaga layanan penuh pertama yang bertanggung jawab atas isi iklan.1895 iklan untuk sebuah produk berat badan.
Pada pergantian abad ini, ada beberapa pilihan karir bagi perempuan dalam bisnis, namun, iklan adalah salah satu dari sedikit. Karena perempuan bertanggung jawab untuk sebagian besar pembelian kebutuhan rumah tangga mereka masing - masing, pengiklan dan lembaga yang diakui nilai's wawasan perempuan
iklan terus semakin berkembang, terutama dari segi kreatifitas .Bahkan, periklanan Amerika pertama yang menggunakan menjual seksual diciptakan oleh seorang wanita - untuk produk sabun. Meskipun jinak oleh standar-standar hari ini, iklan ini menampilkan pasangan dengan pesan "Kulit kamu mencintai menyentuh".

Awal 1920-an
Pada awal 1920-an, stasiun radio pertama didirikan oleh produsen peralatan radio dan pengecer yang menawarkan program dalam rangka untuk menjual radio lebih kepada konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak organisasi nirlaba mengikuti dalam mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan termasuk:, klub dan kemasyarakatan. Kelompok sekolah Ketika praktek mensponsori program dipopulerkan, masing-masing program radio individu biasanya disponsori oleh pembisnis tunggal dalam pertukaran untuk menyebutkan nama singkat bisnis mereka di bagian awal dan akhir yang menunjukkan disponsori olehnya.Namun, pemilik stasiun radio segera menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan menjual hak sponsor dalam alokasi waktu kecil untuk beberapa bisnis di seluruh siaran stasiun radio mereka, daripada menjual hak sponsor untuk bisnis tunggal per show.
Praktek ini dilakukan ke televisi di akhir 1940-an dan awal 1950-an. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka yang mencari untuk mengkomersilkan radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa spektrum radio harus dianggap sebagai bagian dari commons - untuk digunakan hanya non-komersial dan untuk kebaikan masyarakat.Kerajaan Serikat mengejar model pendanaan publik untuk BBC, awalnya sebuah perusahaan swasta, British Broadcasting Company , tetapi dimasukkan sebagai badan publik oleh Royal Charter pada tahun 1927. Di Kanada, para pendukung seperti Graham Spry yang juga dapat membujuk pemerintah federal untuk mengadopsi model pendanaan publik, menciptakan Canadian Broadcasting Corporation. Namun, di Amerika Serikat, model kapitalis menang dengan petikan dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 yang menciptakan Komisi Komunikasi Federal . Namun, Kongres AS memang membutuhkan lembaga penyiaran komersial untuk beroperasi pada kepentingan umum kenyamanan, dan kebutuhan . penyiaran Publik sekarang ada di Amerika Serikat karena tahun 1967 Undang-Undang Penyiaran Publik yang mengarah pada Public Broadcasting Service dan National Public Radio

.Awal 1950
Pada awal tahun 1950, DuMont Television Network mulai meluncurkan program modern yang menjual iklan dalam hitungan waktu kepada beberapa sponsor. Sebelumnya, DuMont telah kesulitan mencari sponsor bagi banyak tentang program dan dikompensasi dengan menjual blok kecil waktu iklan untuk beberapa bisnis. Hal ini akhirnya menjadi standar untuk industri televisi komersial di Amerika Serikat.Namun, itu masih praktek umum untuk memiliki menunjukkan sponsor tunggal, seperti Amerika Serikat Steel Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilaksanakan kontrol yang besar atas isi dari pertunjukan-sampai dengan dan termasuk memiliki agency periklanan seseorang benar-benar menulis pertunjukan
 
Akhir 1980-an dan awal 1990-an melihat pengenalan televisi kabel dan khususnya MTV . Merintis konsep video musik , MTV diantar dalam jenis baru iklan: tunes konsumen dalam untuk pesan iklan, daripada ia menjadi oleh-produk atau ketinggalan jaman. Sebagai kabel dan televisi satelit menjadi semakin umum,
saluran khusus muncul, termasuk saluran seluruhnya dikhususkan untuk iklan , seperti QVC , Home Shopping Network , dan ShopTV Kanada.
Pemasaran melalui internet membuka batas baru bagi pengiklan dan memberikan kontribusi kepada " dot-com boom "tahun 1990-an. Seluruh perusahaan semata-mata dioperasikan pada pendapatan iklan, yang menawarkan segala sesuatu dari kupon untuk mengakses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, sejumlah situs termasuk mesin pencari Google , memulai perubahan dalam iklan online dengan menekankan kontekstual yang relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk membantu, daripada membanjiri, pengguna. Hal ini mengakibatkan sejumlah besar upaya sejenis dan kecenderungan peningkatan iklan interaktif .
Bagian dari belanja iklan relatif terhadap PDB telah berubah sedikit di seluruh perubahan besar dalam media . Sebagai contoh, di Amerika Serikat pada 1925, media iklan utamanya adalah koran, majalah, tanda-tanda pada trem , dan outdoor poster . Pada tahun 1998, televisi dan radio sudah menjadi media periklanan besar. Meskipun demikian, belanja iklan sebagai bagian dari PDB sedikit lebih rendah sekitar 2,4 persen.
Sebuah inovasi iklan terbaru adalah " gerilya marketing ", yang melibatkan pendekatan yang tidak biasa seperti menggelar pertemuan di tempat umum, hadiah produk seperti mobil yang ditutupi dengan pesan merek, dan iklan interaktif dimana penonton dapat merespon menjadi bagian dari pesan iklan . periklanan gerilya meningkat menjadi lebih populer dengan banyak perusahaan. Jenis iklan ini tidak terduga dan inovatif, yang menyebabkan konsumen untuk membeli produk atau ide. Hal ini mencerminkan kecenderungan meningkatnya interaktif dan "tertanam" iklan, seperti melalui penempatan produk , memiliki suara konsumen melalui pesan teks , dan berbagai inovasi memanfaatkan layanan jaringan sosial seperti Facebook .



DEFINISI PERIKLANAN
Definisi Iklan

Periklanan adalah komunikasi komersial dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikam ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran , majalah, direct mail ( pengeposan langsung ), reklame luar ruang atau kendaraan umum.
Dalam komunitas global baru, pesan-pesan periklanan dapat ditransmisikan melalui media baru, khususnya internet. Individu dan organisasi menggunakan periklanan untuk mempromosikan barang, jasa, gagasan, isu dan orang. Sebagai contoh, BMW Amerika utara mengonsentrasikan sebagian besar dari anggaran sebesar $ 80 juta bagi dukungan televisi dalam pensponsoran Olimpiade Musim Panas 1996 di Atlanta. Industri jasa keuangan, misalnya American Express, Merrill Lynch, dan New york Cotton Exchange, membelanjakan sekitar $2 miliar per tahun untuk periklanan.
Iklan opbat-obatan resep dengan target para konsumen telah menggelembung menjadi sebuah genre iklan baru. Apalagi setelah FDA mencabut pembatasan iklan TV menyangkut obat-obatan yang diresepkan pada 1997 belanja iklan tersebut berlipat ganda dari $595,5 juta pada tahun 1996 menjadi mendekati $1 miliar pada tahun tersebut. Menurut survei konsumen majalah Prevention pada tahun 1998, 81 % orang dewasa Amerika serikat adalah pemakai jangka panjang obat-obatan yang diresepkan. Iklan obat-obatan resep pertama di televisi adalah Prozac yang di udarakan 14 September 1998. 


KLASIFIKASI PERIKLANAN :
-         Periklanan Produk. Iklan ini biasanya masuk dalam kategori konvensional. Berbagai perusahaan biasanya mengiklankan produknya kepada konsumen. Iklan produk ini semacam upaya untuk memberi tahu pada konsumen terhadap produk baru. Microsoft misalnya baru-baru ini meluncurkan Windows Vista. Untuk mengiklankan produk ini, kabarnya Microsoft mengeluarkan duit hingga milyaran dollar Amerika.
-         Periklanan Eceran. Periklanan ini bersifat lokal dan berfokus pada toko. Misalnya saja, Anda sering menjumpai iklan-iklan di Carefour yang menyampaikan produk murah. Iklan eceran berfokus pada tempat, harga, jam, dan ketersediaan barang.
-         Periklanan Korporasi. Jenis iklan ini befokus untuk membangun identitas korporasi atau untuk mendapatkan dukungan (opini) publik terhadap sudut pandang atau perubahan yang dilakukan sebuah perusahaan. PT Pertamina misalnya melakukan perubahan logo. Untuk itu, Pertamina melakukan iklan besar-besaran. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan Indosat dengan merubah logonya. Iklan korporasi biasanya dibuat untuk membangun karakteristik baru dari sebuah perusahaan.
-         Periklanan Bisnis ke Bisnis. Iklan ini termasuk jenis iklan baru. Contoh yang sederhana untuk menggambarkan iklan macam ini adalah sebuah perusahaan ban yang mengiklankan diri pada perusahaan manufaktur mobil. Jadi, perusahaan ban itu mensponsori ban mobil yang dibuat.
-         Periklanan Politik. Iklan politik ini muncul di Amerika. Biasanya digunakan dalam event-event politik. Namun, seringkali iklan politik lebih cenderung pada pembentukan citra ketimbang berbicara tentang isu-isu yang sedang dihadapi masyarakat. Tetapi bukan tidak mungkin iklan politik hanya dibuat para politisi. Pemerintah Malaysia dan Thailand pada tahun 1998 juga membuat iklan politik. Mereka meluncurkan kampanye periklanan untuk memperbaiki reputasi mereka yang menguap dan mengembalikan investor yang hilang.
-         Iklan Direktori. Jenis iklan ini biasanya terdapat dalam direktory yellow pages. Iklan direktori ini unik karena ada kecenderungan para penggunanya siap membeli produk atau jasa ketika membuka direktori.

 

-         Periklanan Respon Langsung. Periklanan ini melibatkan komunikasi dua arah antara pengiklan dan konsumen. Periklanan ini menggunakan sembarang media periklanan (pos, televisi, koran atau majalah), dan konsumen dapat menanggapinya, sering kali lewat pos, telepon atau faks. Banyak perusahaan memperbolehkan konsumen menanggapinya secara online. Sebagai contoh, Majalah Time menggunakan iklan televisi untuk periklanan respon langsung. Iklan tersebut mengajak para pemirsa menelepon satu nomor bebas pulsa untuk berlangganan majalah atau meminta informasi lebih lanjut. Serupa dengan itu, perushaan menggunakan kartu-kartu yang disisipkan ke dalam rak-rak penjualan yang dengan sendirinya merupakan mekanisme tanggapan. Konsumen hanya perlu mengisinya dan mengeposkan tanpa prangko untuk mendapatkan kiriman ke rumah.
-         Periklanan Pelayanan Masyarakat. Iklan ini dirancang beroperasi untuk kepentingan masyarakat dan mempromosikan kesejahteraan masyarakat. Iklan-iklan ini diciptakan bebas biaya oleh para profesional periklanan, dengan ruang dan waktu iklan merupakan hibah oleh media.
-         Periklanan Advokasi. Periklanan ini berkaitan dengan penyebaran gagasan-gagasan dan klarfisikasi isu sosial yang kontroversial dan menjadi kepentingan masyarakat. Perusahaan yang menerapkan strategi periklanan pada masalah sosial seperti konservasi alam semakin bertambah banyak



EVOLUSI PERIKLANAN

Periklanan sulit dikatakan sebagai sebuah fenomena baru. Bahkan seratus tahun yang lalu, periklanan adalah bagian integral, sekalipun terkadang tak disambut hangat, dari kehidupan sehari-hari. Dan selama betahun-tahun citra periklanan tidak menunjukkan arah membaik.
Koran pertama Amerika serikat, Public Occurrences Both Foreign and Domestick, terbit pada tahun 1690. Pada tahun 1704, Boston Newsletfer adalah koran pertama yang memuat iklan, yang menawarkan imbalan bagi seseorang pencuri. Dua tukang cetak awal masa kolonial, James dan benjamin Franklin, mengawali New England Courant pada tahun 1721. Sekitar masa Revolusi Amerika , terdapat lebih dari tiga puluh koran di Amerika Serikat. Hari ini, koran Amerika serikat pada umumnya melayani satu wilayah geografis tertentu, seperti komunitas lokal. USA Today membalikkan kecenderungan tersebut ketika diluncurkan pada tahun 1982 sebagai koran nasional berwarna dengan gambar-gambar mencolok dan artikel-artikel ringkas namun tajam. Setelah USA today merintis jalan, banyak koran menambahkan halaman berwarna, memungkinkan para pengiklan memamerkan produk-produk mereka lebih realistik dan menggunakan sebi yang lebih bergaya untuk menangkap perhatian pembaca.
Pertengahan tahun 1800-an ditandai dengan permulaa pengembangan industri periklanan di Amerika Serikat. Sejumlah perkembangan sosial dan teknologi yang diasosiasikan dengan revolusi industri berlangsung selama periode ini. Telegraf, telepon, dan mesin ketik memberikan perbaikan-perbaikan dramatik dalam penyampaian pesan massal. Teknologi percetakan yang lebih baik dan kemampuan untuk mencetak foto serta ilustrasi-ilustrasi terperinci membuat iklan majalah semakin menarik para pengiklan. Setelah perang sipil, the Atlantic Monthly dan majalah-majalah Amerika lain mulai memuat lebih banyak iklan. Perintis agen periklanan, J. Walter Thompson, mengajak Harper’s Magazine dan lain-lain mencetak iklan makanan, sabun, dan bahkan obat-obatan paten. Memasukin fajar abad kedua puluh, periklanan telah menjadi sebuah unit sosial dan ekonomi di Amerika serikat. Majalah dan koran dipenuhi dengan iklan-iklan segala jenis produk.
 
Siaran komersial pertama radio di Amerika Serikat terjadi pada tahun 1922 oleh stasiun WEAF milik AT&T di New York. Dalam dua tahun, radio meluas dari sebuah media lokal menjadi nasional, terutama karena jaringan, dengan sekelompok stasiun yang melakukan siaran secara simultan dibnayak pasar. Pada tahun 1926, AT&T menjual jaringan stasiun radionya ke National Broadcasting Company ( NBC ). Hari ini, sekitar5000 stasiun radio AM dan 4000 stasiun radio FM beroperasi di Amerika Serikat, semuanya digunakan oleh para pengiklan lokal, regional, dan nasional.
Stasiun komersial pertama didirikan pada tahun 1941. Sebuah sistem antena televisi komunitas yang bermula di Pennsylvania pada tahun 1948 menjadi pencetus sistem kabel yang merebak diseluruh negeri selama tahun 1970-an 1980-an. Sekitar tahun 1954, NBC dan CBS merupakan jaringan-jaringan terkemuka, diikuti oleh ABC. Pada tahun 1972, Home Box Office ( HBO ) mulai beroperasi sebagai stasiun kabel bayaran. Hari ini, jaringan-jaringan kabel seperti MTV dan CNN, serta saluran-saluran kabel lokal akses publik tersedia secara luas

Sumber :